Adv

 

Soto Kletuk pak Galo Blora. Foto.dok


BLORA, portalblora.com - Bagi para pecinta soto, rugi jika datang ke Blora, Jawa Tengah tak mencicipi soto yang satu ini.

Ya, namanya soto kletuk pak Galo. Letaknya ditengah kota, dari kantor Pemerintahan Kabupaten Blora, ke utara sekitas 100 meter.

Penyajiannya sama dengan soto lainnya, namun yang membedakan sensasi rasa  kletuknya bikin ketagihan.

Bagi warga Blora, soto kletuk pak Galo mungkin sudah tidak asing lagi. Kuliner yang satu ini begitu populer karena setiap harinya selalu ramai pengunjung.

Sesuai dengan namanya "soto kletuk" . Kletuknya ini terbuat dari bahan ketela yang diiris kotak - kotak kecil, kemudian dikeringkan, lalu di goreng dan disajikan terakhir setelah kuah soto dituangkan.

"Ini tipe kuahnya bening, kalau soto lainnya ada bumbu koyanya kalau ini gak ada. Ini di kasih kletuk, ayam telur, kletuknya ini yang beda terbuat dari singkong yang dikeringkan, digoreng terus dicampur yang bisa kriuk kriuk, itu yang enak", kata Yuliana salah satu pecinta soto, Senin (24/7).

Soto kletuk pak Galo ini, berdiri sejak tahun 1997 dan sudah turun temurun ke generasi kedua.

"Kalau bumbunya sama dengan soto lainnya. Yang membedakan ya kletuknya itu. Dulu awalnya almarhum pak Galo pingin bikin yang beda, terus dinamakan soto kletuk, yang kletuknya dari singkong", ungkap Emy pengelola warung soto kletuk pak Galo.

Soto kletuk pak Galo ini menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner di Blora, karena memiliki khas tersendiri dibandingkan soto lainnya.

Pengunjungnya bukan hanya dari Blora saja , namun juga dari luar Blora. Nah bagi anda pecinta soto, yang ingin menikmati soto kletuk ini, datang saja ke warung Soto kletuk pak Galo. (Her)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama