Adv

 

Perajin Pawon merubah tanah liat, menjadi pawon atau alat memasak tradisional bernilai ekonomis. Foto.dok


BLORA, portalblora.com - Goa Pawon yang terletak di Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah memiliki keindahan alam yang masih alami.

Menurut sejarahnya kenapa bisa dinamakan goa Pawon, adalah karena sebagian penduduk Desa setempat, memiliki keahlian membuat pawon atau alat memasak terbuat dari tanah liat.

Membuat pawon ini, digeluti warga sejak nenek moyangnya dulu. Turun temurun hingga sekarang, dan menjadi icon Desa tersebut.

Warga memilih goa sebagai tempat pembuatan pawon, lantaran bahan yang mereka gunakan memang ada di situ. Tekstur tanahnya yang keras sangat cocok untuk membuat pawon.

"Keras, ran tidak mudah pecah. Teksturnya lembut", kata Jasmin Perajin pawon, Kamis (15/12).

Selain terdapat bahan baku pembuatan pawon untuk meningkatkan ekonomi warga, ada sumber mata air jernih, bening dan jika haus bisa langsung diminum.

Keindahan goa Pawon ini, bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Para pemuda Desa ingin goa Pawon ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi pembuatan pawon.

"Ini salah satu kearifan lokal yang perlu di jaga dan di uri - uri. Bisa menjadi wisata edukasi untuk anak - anak, mengenalkan alat memasak tradisional selain kompor", kata Ahmad, pemuda Desa setempat.

Harapannya wisata Goa Pawon ini, bisa menjadi salah satu wisata Desa di Blora, yang bisa dijadikan tempat alternatif, untuk menghilangkan rasa penat bersama keluarga.








Post a Comment

Lebih baru Lebih lama