Adv

 

Alun alun Aryo Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tampak dari atas, Foto dok.


BLORA, portalblora.com- Terletak di depan cagar budaya situs Makam Gedong Ageng Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah alun -alun Aryo Jipang dibangun oleh Pemerintah Desa Jipang, Tahun 2022.

Alun - alun ini diresmikan oleh Bupati Blora Arief Rohman tanggal 14 Januari 2023. Tujuan dibangunnya Alun alun Aryo Jipang untuk mempertahankan sejarah kejayaan Keraton Jipang.

Harapannya bisa menjadi Destinasi wisata berbasis Budaya. Harapannya supaya meningkatkan ekonomi masyarakat Desa setempat, melalui UMKM.

"Warga bisa berjualan di tempat ini. Dan berbagai mainan anak anak juga kita sediakan untuk menambahbdaya tarik pengunjung yang mengajak anaknya", kata Lamiran, Sekretaris Desa Jipang, Kamis (14/12).

Selain itu alun alun Jipang ini, bisa dijadikan tempat untuk nguri uri budaya, seperti kirab budaya yang digelar setiap setahun sekali di bukan Suro.

"Setiap tahun, tepatnya di bulan Suro, Desa menggelar kirab budaya yang diikuti oleh warga Desa. Kearifan lokal ini dinamakan grebeg Suro", ungkap Lasiran.

Menurut Lasiran, saat ini pengelolaan alun alun Aryo Jipang diserahkan oleh BUMdes, Desa Jipang.

Untuk mengembangkan wisata budaya tersebut, Pemdes bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat Desa, dan inovatif melaksanakan pembangunan agar bisa lebih indah, asri agar memiliki daya tarik bagi pengunjung dari lokal maupun luar. (Her)







Post a Comment

Lebih baru Lebih lama