Adv


Ft. Petugas BPBD Kabupaten Blora sedang memantau banjir yang berada di Kecamatan Kunduran


BLORA (PORTALMEDIA)- Hujan lebat di Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Minggu (02/02) sore, mengakibatkan banjir di sejumlah Desa, setinggi 10 cm hingga 1 meter.

Banjir tersebut berasal dari luapan sungai rowo, anak sungai lusi yg melewati pemukiman warga di sejumlah Desa di Kecamatan Kunduran.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, terdapat 55 rumah yang terendam banjir setinggi 10 centimeter hingga 1 meter, berada di dua Desa.

Di RW 1 dusun Roworejo Desa Plosorejo, Rt 1 ada 4 rumah, RT 2 ada 6 rumah, RT 3 ada 10 rumah, RT 4 ada 17 rumah dan RT5  ada 5 rumah. Sedangkan di Desa Sonokidul RT 4 ada 10 rumah, RT 3 ada 1 rumah dan RT 1 ada 2 rumah.

Petugas dari BPBD Blora, hingga saat ini masih melakukan pemantauan di lokasi, air perlahan -lahan sudah mulai surut, dan warga sudah mulai membersihka ruamh akibat lumpur yang terbawa arus.

"Ya, tadi sore memang terjadi banjir, akibat luapan sungai yang ada di Kecamatan Kunduran," kata Hadi Preseno Kepala Pelaksana BPBD saat di konfirmasi.

Selanjutnya, ia  menghimbau kepada masyarakat, adanya situasi cuaca seperti sekarang ini, agar mewaspadai potensi genangan, banjir perkotaan, banjir bandang, banjir luapan bengawan solo, maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor

Selain itu, waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. Agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir. (Hr)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama