Unik! HUT SD Negeri Tempelan Blora, Peserta Menukar Sampah dengan Srabi

Avrilla menukar sampah dengan Serabi


BLORA, Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 89 SD Negeri Tempelan Blora, Jawa Tengah Jumat pagi (8/11) menggelar berbagai perlombaan. Diantaranya, Lomba mewarnai umum, Jalan sehat, pentas seni dan membuka stand makanan dan minuman.

Diantara stand makanan ada yang sangat unik dan menarik , yaitu makan Srabi khas Blora di bayar dengan sampah. Stand makanan ini ternyata sengaja di sediakan panitia untuk mengurangi membuang sampah sembarangan.

Jadi usai jalan sehat, ribuan peserta tidak boleh membuang sampah sembarangan, mereka harus memasukan sampah ke kantong plastik, dan sampah tersebut bisa di tukar dengan makanan Srabi khas Blora.

Ketua panitia bazar Kuat Mujito (43) mengungkapkan ini sengaja dilakukan karena tema HUT ke 89 SD Negeri Tempelan adalah menerapkan sebuah program eco bazar dan zero wise, dimana setiap stand bazar sebanyak 60, bertanggung jawab dengan sampahnya masing -masing.

"Ya, di HUT ke 89 SDN Tempelan ini, kami menerapkan program eco bazar dan zero wise, ini baru pertama kali dipakai di event besar seperti ini",ungkap Kuat.

Kuat juga menjelaskan program seperti ini,  diharapkan bisa ditiru sekolah lain, sehingga walau ada event besar dan ramai sampah tidak berserakan di halaman, setelah acara selesai halaman sekolah tetap terjaga kebersihanya.

Jadi dengan program ini pula, peserta dan para siswa di latih bertanggung jawab dengan sampahnya.

Seperti yang dilakukan salah satu siswa kelas 1 A , Avrilla Kirana Dinanty ini, ia membawa kantong plastik untuk tempat membuang sampahnya ,kemudian ia tukarkan sampah tersebut dengan Srabi.

"Saya bawa tas kresek (kantong plastik) untuk tempat sampah, dan saya tukar dengan Serabi, tidak perlu bayar pakai uang ", kata Avril panggilan akrab gadis mungil, sambil membawa Serabinya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri Tempelan Jari, mengatakan peringatan HUT ke-89 SD Negeri Tempelan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, ini merupakan yang terbesar, karena acara ini didukung oleh Komite sekolah, dan paguyuban orang tua masing- masing kelas.

"Baru kali HUT SD Negeri Tempelan sebesar ini, saya sangat berterima kasih kepada komite sekolah dan paguyuban orang tua murid yang telah mendukung acara ini, sehingga acaranya luar biasa", jelasnya. (HR)







0 komentar:

Posting Komentar