Adv

 

Kasat Binmas Polres Blora AKP Lilik Widiastuti memberikan arahan kepada Polhuter Perhutani KPH Blora (dok)

BLORA, portalblora.com -  Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, Jawa Tengah menggandeng Polres Blora menggelar Pembinaan dan Koordinasi Polisi Khusus (BINKORPOLSUS) bagi Anggota Polisi Hutan Teroterial (POLHUTER) KPH Blora.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Goa Terawang Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jembangan BKPH Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kalonan KPH Blora, Selasa 06 Februari 2024.

Hadir dalam acara tersebut Administratur/KKPH Blora, Wakil Administratur/KSKPH Blora, Segenap Asisten Perhutani (Asper), KSS Hukum Kepatuhan Agraria dan Komunikasi Perushaan, Komandan Regu (DANRU) Polisi Hutan Mobil KPH Blora, Segenp Anggota Polisi Hutan Mobil (POLHUTMOB), Segenap Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) dan seluruh Polisi Hutan Teroterial (POLHUTER) Wilayah KPH Blora, hadir pula dari jajaran Polres Blora Kasad Bimas AKP Lilik Widiastuti S.H, Kanit  Ibda Tono dan beberapa anggota kepolisian dari Polres Blora maupun Polsek Todanan.

Administratur Perum Perhutani KPH Blora, Yeni Ernaningsih, dalam sambutannya mengatakan terdapat tiga metode dalam pengamanan hutan antara lain Pre Emtif yaitu penyluhan atau komunikasi sosial terhadap masyarakat sekitar hutan dan steakholder atau tokoh masyarakat.

Preventif yaitu malakukan patroli di hutan yang dianggap rawan gangguan keamanan hutan maupun tidak rawan dan Represif yaitu tindakan penangkapan tindak pidana ilegal loging.

"Ketiga aspek yang wajib dijalankan dalam pengamanan Hutan", jelas Yeni, Selasa (6/2).

Tujuan Binkorpolsus anggota satuan pengamanan hutan untuk mempunyai karakter menjaga sikap/teroterial kawasan hutan baik secara fisik maupun persuasive.

Pendekatan dengan masyarakat, dengan tokoh bisa ikut mengamankan hutan  dengan tetap mengedepankan komunikasi Sosial (Komsos)", ungkap Yeni.

Yeni Ernaningsih juga menambahkan sebagai Anggota Pengamanan hutan, harus jaga kekompakan, keselamatan dan yang lebih penting jaga kesehatan karena pancaroba.

"Jaga integritas saudara, kerja evektif dan efisien. “Imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Bimas Polres Blora AKP Lilik Widiastuti, mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih telah menyambutnya di lokasi Binkorpolsus di Goa Terawang.

"kami akan memberikan pembinaan dan pelatihan bagi anggota Polisi Hutan Teritorial terkait pengamanan hutan yaitu latihan Pasukan Baris Berbaris, beladiri karate dan materi pembinaan meliputi bidang hukum", kata AKP Lilik Widiastuti.

Terkait tindakan melawan hukum, kata AKP Lilik Widiastuti, dibidang keamanan hutan dasarnya sesuai UU No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan UU No. 18 tahun 2013 tentang pencegahan pemberantasan Perusakan  Hutan.

Lilik Widiastuti, juga menambahkan kepada anggota Polsus, karena menghadapi pemilu, teman-teman dalam memberikan suaranya di TPS harus bergantian."Hutan jangan sampai kosong tidak ada petugas . ”ucapnya.

Usai kegiatan Binkorpolsus dilanjutkan penutupan dengan ucapan terima kasih dan tetap semangat pada anggotanya demi kemajuan perhutani dan menjaga asset Perhutani yang ada. (Her/red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama