Adv

 

Wakil Ketua DPRD Blora saat sidak proyek jalan Pakis - Pelem. (Foto : dok)

BLORA, PORTALBLORA.COM– Pembangunan infrastruktur jalan yang menggunakan anggaran sebesar Rp 307 Miliar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah sedang dikebut.

Hal itu disebabkan oleh jadwal kontrak pelaksanaan yang akan habis pada Desember mendatang.

Untuk memastikan progres pembangunan jalan dapat selesai sesuai waktunya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Sidak tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Blora, Siswanto yang memantau progres paket peningkatan jalan Pakis – Pelem – Kamolan yang berada di Kecamatan Blora.

“Saya berada di ruas jalan Pakis Pelem Kecamatan Blora, jadi jalan ini termasuk di dalam kegiatan yang didanai dan bersumber dari pinjaman daerah tahun 2022,” ucap Siswanto saat diwawancarai di lokasi, Selasa (8/11/2022).

Paket pembangunan jalan tersebut menggunakan biaya sekitar 15,5 Miliar yang

dikerjakan oleh PT. Sinar Utama Karya dengan konsultan pengawas CV. Athacetta Konsultan.

“Alhamdulillah kami cek jadi ruas ini ya sudah 65 persen dibangun, sehingga tinggal 35 persen,” kata politikus Golkar tersebut.

Meski pembangunan jalannya telah lebih dari 50 persen, Siswanto mengingatkan agar proyek infrastruktur jalan dapat selesai pada pertengahan Desember mendatang.

“Kami dari DPRD menegaskan agar pembangunan-pembangunan khususnya yang ada di pinjaman daerah ini, agar bisa diselesaikan pada pertengahan Desember tahun 2022, paling tidak sebulan lagi harus sudah selesai,” terang dia.

Tidak hanya untuk proyek yang disidak yang harus selesai tepat waktu, tapi proyek-proyek yang lainnya juga harus selesai tepat pada waktunya.

“Oleh karena itu, pada semua rekanan khususnya yang dari pinjaman daerah untuk segera menyelesaikan supaya pekerjaan hasilnya baik,” ujar dia.

Siswanto juga mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan secara rutin turun ke lapangan mengawasi proyek-proyek tersebut.

“Kemarin siang sudah kami laporkan ke ketua DPRD, bahwa DPRD berencana turun ke lapangan terutama pada pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan pada pinjaman daerah, untuk tahun ini anggaran infrastruktur 307 Miliar,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora akhirnya dapat menggunakan uang pinjaman dari Bank Jateng sebanyak Rp 150 miliar untuk perbaikan jalan.

Berikut adalah jalan yang akan dilakukan peningkatan kualitasnya melalui dana pinjaman daerah, Jalan Kamolan – Klopoduwur – Ngliron, Jalan Ngliron – Kalisari – Wulung, Jalan Doplang – Kunduran.

Kemudian, Jalan Kedungtuban – Galuk, Jalan Ngawen – Karangtalun – Banjarejo, Jalan Jepon – Karang – Bogorejo, Jalan Wulung – Klatak, Jalan Pakis – Pelem – Kamolan, Jalan Peting – Sumber – Balong – Menden.

Selanjutnya, Jalan Blora – Nglangitan, Jalan Cabak – Bleboh, Jalan Singonegoro – Ketringan, Jalan Plumbon – Rowobungkul – Kemiri – Sonokidul, Jalan Goa Terawang – Ngumbul – Pelemsengir, serta Jalan Halmahera.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama