Sejumlah UMKM di Blora, Dapat Pinjaman Lunak dari Perhutani


BLORA, 31/12 (PortalBlora.com) - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora menyalurkan dana pinjaman lunak kepada empat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Pinjaman kemitraan ini melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) sebesar Rp 97 juta rupiah, kepada 4 mitra binaan di kantor KPH Blora, Jum’at, (31/12).

Dana Program Kemitraan berupa pinjaman modal usaha tersebut diserahkan oleh Kepala Seksi Madya Keuangan SDM dan IT KPH Blora, Muhammad Abu Naim, kepada penerima pinjaman kemitraan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Program pinjaman kemitraan TJSL UMKM KPH Blora yang sudah dikucurkan pada Periode II ini bertujuan untuk membantu mitra binaan dalam upaya pengembangan usaha. 

Dana TJSL sendiri diambil dari laba perusahaan sebesar 3% dengan mekanisme penyaluran kepada mitra binaan dilakukan setahun dua sekali.

Administratur KPH Blora, yang diwakili Kasi Keuangan Muhamad Abu Naim, menyampaikan bahwa dana Program Kemitraan ini sifatnya pinjaman modal kemitraan yang harus dikembalikan para mitra meski angsurannya berbunga sangat rendah.

“Program ini digulirkan Perhutani sebagai upaya bantuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha produktif mitra binaan, seperti usaha perdagangan, peternakan dan jasa usaha lain,” Ungkapnya.

Perhutani berharap, bantuan pinjaman modal kemitraan ini dapat dipergunakan dengan tepat guna, sehingga usaha kecil yang dimiliki para mitra dapat lebih meningkat, maju dan berkembang

Salah satu penerima pinjaman progran kemitraan TJSL Sunyari, yang mempunyai usaha rumah makan, mewakili rekan-rekannya mengucapkan terima kasih kepada Perhutani yang telah membantu meminjami modal usaha, semoga dengan diberinya pinjaman modal ini usaha kami dapat berkembang.

“Terima kasih khususnya kepada Perhutani KPH Blora, yang sudah memberikan kepercayaan dan bantuan pinjaman modal kepada kami dengan bunga yang sangat ringan. Semoga kami bisa mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga kami. ”Tuturnya. (red) 

0 komentar:

Posting Komentar