Dindagkop UKM Siapkan Protokoler Kesehatan di Pasar Hewan

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Daerah Dindagkop UKM Blora, Warso, SH,MM cek kesiapan bilik disinfektan di pintu masuk Pasar Pon 


BLORA (PORTALBLORA)-Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) Kabupaten Blora, Senin (15/06), melakukan persiapan pembukaan pasar hewan Blora.

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Daerah Dindagkop UKM Blora, Warso, SH,MM mewakili Kepala Dindagkop UKM Blora Sarmidi, SP,MM mengemukakan, sebelumnya telah dilakukan kerja bakti di lingkungan pasar setempat.

“Hari ini dilakukan penyemprotan disinfektan oleh BPBD dan penyediaan bilik antiseptik di pintu masuk pasar hewan,” ucap Warso Senin (15/6/2020).

Dalam pembukaan pasar hewan Blora (Pasar Pon) dilaksanakan Selasa (16/6/2020), dengan protokol kesehatan yang ketat menyesuaikan petunjuk dan aturan adaptasi kebiasaan baru (new normal) dari pemerintah.

Menurutnya ada tujuh tempat cuci tangan dan sabun yang disiapkan untuk kesiapan new normal dipasar Pon, Rencanaya ditempatkan dipintu masuk pasar.

"Ini masih masa percobaan, jadi kita batasi jamnya yaitu jam 06.00- 11.00 WIB. kita harapkan sudah bersih. Bagi yang tidak pakai masker kami sediakan," imbuhnya.

Untuk mencegah penularan cobid -19, di pintu masuk disiapkan bilik disinfektan dan alat Thermogun untuk mengukur suhu bagi pedagang. Baik dari luar kota maupun dari Blora sendiri.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Polsek, Koramil Blora dan Satpol PP untuk ikut serta menjaga dan mengingatkan para pedagang, serta speker TOA untuk memberikan himbauan," papar Warso

Ditempat yang sama Kepala sub bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Unit PelaksaTehnik Daerah (UPTD) pasar Blora wilayah I menambahkan jarak antar pedagang juga diatur untuk menghindari kerumunan pembeli yang datang ke pasar hewan yang dikenal dengan pasar Ponan.

"Jarak antar pedagang juga kita atur, untuk menghindari kerumunan pembeli, kita juga siapkan petugas untuk mengaturnya," kata Tasminto (Red)

0 komentar:

Posting Komentar