DBM Gelar Sarasehan Menuju Blora Inklusi

Supri Edi anggota DPRD Blora memberikan apresiasi terhadap DBM Blora


BLORA, Difabel Blora Mustika (DBM) Kabupaten Blora,Jawa Tengah menggelar sarasehan menuju Kabupaten Blora inklusi di sekretariat Desa Kamolan, Kabupaten Blora, Minggu (1/12).

Sarasehan yang di gelar DBM tersebut dalam rangka memperingati hari disabilitas Internasional 2019 yang jatuh pada 3 Desember mendatang.

Hadir dalam acara sarasehan itu, Anggota DPRD Kabupaten Blora, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), anggota Kodim 0721 Blora dan sejumlah kepala Desa.

Sarasehan ini merupakan bentuk rasa syukur dari kaum disabilitas di Kabupaten Blora atas perjuangannya selama tiga tahun mengawal Perda Pemenuhan Hak dan Perlindungan bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Blora, yang akhirnya disahkan oleh DPRD Kabupaten Blora pada Jumat (29/11) lalu.

Ditetapkannya Perda Pemenuhan Hak dan Perlindungan bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Blora itu, menjadi kado spesial bagi difabel Blora dalam menyambut hari disabilitas internasional 3 Desember.

Ketua DBM, Abdul Ghofur mengatakan, disahkannya Perda Disabilitas oleh DPRD pada Jumat (29/11) masih perlu mendapat pengawalan bersama dari berbagai pihak. Hal ini mengingat perda tersebut belum bisa dijalankan apabila belum turun Peraturan Bupati (Perbub) sebagai tindak lanjut munculnya Perda.

"Perda ini masih harus perlu pengawalan kita bersama. Kami berharap Bupati segera mengeluarkan Perbub agar OPD-OPD bisa menjalankannya", kata Abdul Ghofur.

Disisi lain, pihaknya sangat bersyukur atas terbitnya Perda bagi Penyandang Disabilitas ini. Dia berharap Kabupaten Blora bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menerbitkan Perda Disabilitas.

"Setelah 3 tahun berjuang, akhirnya Perda ini disahkan juga. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih dari berbagai pihak yang telah mendukung perjuangan kami. Semoga Kabupaten Blora bisa menjadi contoh untuk Kabupaten lain mengenai Perda ini", ungkapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Blora dari partai Demokrat, Supri Edi mengapresiasi  semangat difabel Blora untuk maju. Diapun siap untuk ikut mengawal turunnya Perbub.

"Kami di DPRD selalu siap untuk membantu mengkomunikasikan  dengan Bupati, agar segera menerbitkan Perbup. Supaya Perda ini bisa segera dijalankan", ujarnya.

Sementara sebagai kejutan kado di hari disabiltas Internasional kedua, juga diberikan oleh Kodim 0721 Blora. Dandim 0721 Blora Letkol inf. Ali Mahmudi melalui Pasiter Kapten inf. Puryanto memberikan sejumlah alat batik dan bahan kain, sebagai dukungan terhadap difabel Blora.

"Ini ada sedikit bantuan dari Kodim 0721 Blora, kamipun akan siap membantu demi kemajuan disabilitas di Blora, jika DBM ada kegiatan silahkan beritahu kami",ungkap Puryanto.(HR)

0 komentar:

Posting Komentar