Musim Hujan Tiba, Sejumlah Warga di Blora Masih Butuh Air Bersih

Warga antri bantuan air bersih

BLORA, Meski sudah memasuki musim penghujan, namun sejumlah wilayah pinggiran hutan di Kabupaten Blora masih dilanda kekeringan. Salah satunya yang dialami warga di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Blora.

Untuk mendapat air, warga harus antri di sebuah sumur desa. Masdari (61) warga dukuh Badong kidul,desa Klopoduwur, mengungkapkan, meski hujan sudah mulai turun, namun warga desa masih kesulitan air bersih. Sumur-sumur milik warga masih belum mengeluarkan sumber air.

"Sumbernya baru sedikit, karena hujanya masih jarang, warga sini ya masih harus antri. airnya belum banyak", kata Masdari, (Rabu,27/11/2019).

Ia mengaku, warga Desa sini masih sangat membutuhkan bantuan air bersih. Sebab hujannya belum merata.

"Ya masih butuh mas. Karena memang belum ada air", akunya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga pinggiran hutan, Perhutani KPH Blora menyalurkan bantuan air bersih, Kamis sore (27/11). Bantuan diberikan kepada sejumlah Desa yang saat ini masih dilanda kekeringan.

Administratur Perhutani KPH Blora, Afwandy melalui Kasi Kelola Sumber Daya Hutan, Laode Sahara mengatakan, sebanyak 10 tangki air bersih disalurkan di  10 Desa yang berada di pinggiran hutan. Salah satunya Desa Klopoduwur yang berada di wilayah hutan Banjarejo.

"Ini adalah program CSR Bina Lingkungan Perhutani Blora. Memang saat ini beberapa wilayah sudah turun hujan, namun nyatanya masih banyak warga yang mengalami kekeringan, khususnya mereka yang ada di pinggiran hutan", ungkap Laode.

Laode berharap dengan bantuan ini, warga bersama Perhutani bisa saling bersinergi terutama dalam menjaga kelestarian hutan.

" Harapan kami semoga dengan baksos ini, warga yang berada di pinggiran hutan bisa ikut menjaga kelestarian hutan bersama petugas", harapnya.

Program CSR Bina Lingkungan Perhutani berupa bantuan air bersih ini ,sebelumnya sudah dilaksanakan di sejumlah Desa yang berada di pinggiran hutan di 5 BKPH wilayah Perhutani KPH Blora.

Sebanyak 10 tangki air bersih terbagi di BKPH Kalisari 3 tangki, BKPH Ngapus 1 tangki, BKPH Ngrangkang 1 tangki, BKPH Ngawenombo 4 tangki dan BKPH Nglawungan 1 tangki. (HR)

0 komentar:

Posting Komentar