DI DOPLANG, SEMBURAN LUMPUR AKIBAT HYDROTEST PT PERTAMINA GAS GEGERKAN WARGA


                                    





BLORA,Semburan lumpur yang terjadi di Dk. Pekuwon Kidul Desa Gabusan, Kecamatan Jati akibat aktivitas  hydrotest yang dilaksanakan PT Pertamina Gas di Doplang,sempat membuat geger warga sekitar,karena semburan yang ditimbulkan mencapai ketinggian lebih dari 1 meteran (Sabtu, 20/4/2019)

Di dalam video yang di uplaud warga di medsos, tampak warga berlari saat melihat semburan lumpur tersebut. Camat Jati Bowo Dwi Rahardjo membenarkan adanya kejadian tersebut.

Seorang warga berlari melihat semburan lumpur

"ya benar, itu kemarin sore di Dk. Pekuwon Kidul Desa Gabusan,saya bersama Satpol PP Kecamatan sudah cek lokasi ,ternyata kegiatan pemasangan pipa gas yang baru ditest, bukan pengeboran", jelas Bowo Dwi Rahardjo saat dikonfirmasi dirumahnya sabtu pagi.

selanjutnya Bowo menjelaskan kejadian tersebut hanya berlangsung 1,5 jam,selanjutnya petugas PT Pertamina gas (Pertagas) di lapangan sudah bisa mengatasi.

Terpisah Pandjie Galih Anoraga, Government & PR Assistant Manager PT Pertamina EP Asset 4, menjelaskan semburan lumpur dari pipa milik Pertamina Gas (PT Pertagas) saat melaksanakan hydrotest (flusing) tekanan.

“Terjadi flushing tekanan saat hydro test pipa gas milik Pertamian Pertagas, semua sudah normal, dan tidak ada masalah,” jelas Pandjie Galih Anoraga.

Terpisah PR & CSR Pertagas , Zainal Abidin, menyatakan sedang cross check di lapangan, karena saat ini tim tehnik sedang melakukan pembersihan, pemasangan, dan hydrotes (pengujian).

Menurutnya, aktivitas hydrotest maupun flushing, adalah salah satu prosedur yang dilakukan dalam aktivitas pemasangan pipa gas sebelum commisioning,“Kami mohon maaf jika aktivitas ini sempat membuat warga bingung, dan kaget,” papar PR & CSR Pertagas, Zainal Abidin.

Ditambahkan, aktivitas hydrotest dilakukan untuk mengecek apakah pipa yang dipasang tahan terhadap tekanan, dan bersih dari material, sebelum pipa dialiri gas.“Dalm hal ini, masyarakat tidak perlu kuatir, karena semua berjalan sesuai prosedur dan aman,” tambahnya

Jaringan gas (jargas) dari Desa Sumber (Blora) ke Tambaklorok-Semarang di-suplai gasnya dari Central Processing Plan (CPP) Gundih Area, Kecamatan Kradenan, Blora.(HR)



0 komentar:

Posting Komentar