Bupati Blora H Arief Rohman Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H

portalblora.com

 

Kompol Kisworini (kerudung putih) saat Sambutan di acara sedekah bumi di Purwosuci, Kedinding, Kecamatan Kedungtuban. (Foto : dok)


BLORA, portalbloracom - Kompol Kisworini wanita cantik asal Blora yang bertugas di Mabes Polri sebagai Paur Sendak Bid Yanmas Baintelkam Polri, membantu bangun pelataran cagar budaya Purwosuci di Kedinding, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, yang merupakan tanah kelahirannya.

Kompol Kisworini disebut sebagai bakal calon Bupati Blora, yang kabarnya akan diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Girindra.

Wanita kelahiran pinggir Bengawan Solo ini prihatin melihat kondisi peninggalan sejarah di Desanya terbengkalai belum ada perawatan dari Dinas terkait.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Ngraho, Sri Lestari Indajani saat di konfirmasi melalui WhatsApp terkait bantuan paving tersebut.

"Melihat keadaan yang butuh sekali uluran tangan beliau merasa terpanggil. Karena sudah bertahun - tahun  tidak naik ke Purwosuci, setelah melihat kondisi beliau terenyuh,  dan terketuk hatinya kenapa tanah kelahirannya kok gak di perhatikan.  Akhirnya beliau membantu pavingisasi untuk plataran makam dan mau membelikan sound untuk kegiatan juga", ungkap Sri Lestari Indajani, Selasa 2 Juli 2024.

Kisworini waktu itu, Kata Sri Lestari, kebetulan hadir saat acara sedekah bumi di Desa Ngraho, yang di gelar di pelataran candi Purwosuci satu bulan yang lalu.

Menurut Sri Lestari, proses pemberian bantuan pavingisasi untuk pelataran makam yang ada di gunung purwosuci perlu penanganan serius. Sampai saat ini belum ada tangan yang menjamah untuk memberikan bantuan.

Sehingga begitu ada bantuan paving, warga antusias untuk bergotong royong mengangkut paving dengan susah payah, karena jarak tempuh  sekitar 1 km naik gunung dengan jalan yang berliku dan terjal.

"Karena beliau kan asli orang Ngraho dan di Kedinding ada situs peninggalan sejarah era Kadipaten Jipangpanolan yg perlu mendapat perhatian untuk di tata dan di lestarikan agar cagar budaya tidak hilang", kata Sri Lestari.

Sri Lestari berharap ada sosok pemimpin yang peduli akan seni dan budaya lokal, peninggalan leluhur karena sebagi simbol kearifan lokal. Dan konon katanya Kedinding akan dijadikan salah satu wisata religi yang ada di Kabupaten Blora.

"Itulah calon pemimpin yang diidamkan  masyarakat Blora. Perhatian dan bantuan nyata bukan untuk warga saja, tapi juga bantuan dana untuk pembangunan situs- situs atau peninggalan leluhur kesenian dan kearifan lokal yg perlu di lestarikan", tutup Sri Lestari

Sampai saat ini, Kisworini masih belum bisa di konfirmasi terkait bantuan pavingisasi untuk pelataran cagar budaya Purwosuci di Kedinding tersebut.

Editor : Her/red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama