Adv

 

Buapti Blora H. Arief Rohman,S.I.P., M.Si, didampingi Kepala DPUPR Blora Sam Gautama sidak lokasi jalan longsor Ngloram - Gadon 



BLORA, Portalblora.com - Penanganan longsor di Desa Gadon, Kecamatan Cepu yang disebabkan oleh gerusan aliran Bengawan Solo terus dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora.

Longsor yang terjadi pada awal Maret 2024 ini mengakibatkan putusnya jalan kabupaten ruas Ngloram-Gadon.

Disela-sela mendampingi Bupati Blora yang sidak di lapangan, Senin (6/5/24) siang, Kepala DPUPR Blora Samgautama menyampaikan, dalam penanganan longsoran tersebut, sejumlah plat besi akan ditancapkan untuk memperkuat tanggul yang longsor.   

‘’Hasil koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, penanganan longsoran di Gadon ditarget selesai pada akhir bulan Mei 2024 nanti,’’ tandasnya.  

Menurutnya jalan berupa beton rigid yang amblas itu, karena tanah dasarnya tergerus air sungai. Untuk memperkuat tanggul yang longsor, sejumlah plat besi akan ditanamkan.

Beberapa waktu lalu, alat berat sudah dikerahkan untuk mengeruk jalan yang longsor dan dipadatkan. Saat ini plat-plat besi yang akan ditancapkan untuk penguat tanggul juga sudah datang. 

‘’Plat-plat besi itu nanti akan digunakan untuk memperkuat tanggul yang longsor,’’ tambah Samgautama.

Selain itu, gorong-gorong lama yang ada di bawah jalan dan diduga menjadi salah satu penyebab longsor juga akan diperbaiki.

Selama proses perbaikan, masyarakat tidak dapat melintasi jalan tersebut. Kendaraan roda empat harus berputar ke desa sebelah.

Sedangkan untuk roda dua disediakan jalan alternatif darurat di sebelah barat lokasi longsor.

Bupati mengapresiasi gerak cepat BBWS Bengawan Solo dalam menangani tanggul longsor dan berharap agar perbaikannya dapat segera diselesaikan.

Setelah longsor diperbaiki, Bupati Arief Rohman ingin jalan yang terputus dapat disambungkan kembali.

"Jalan Kabupaten ini menjadi alternatif penghubung Cepu menuju Kedungtuban bagian Selatan. seperti Klagen, Panolan, Sidorejo dan lain-lain. Terimakasih atas sinerginya PUPR SDA Bengawan Solo, terimakasih Kepala Balai. Begitu juga kepada Menteri PUPR. Semoga perbaikannya berjalan lancar,’’ papar Bupati.

Bupati menginginkan agar jalan tersebut minimal diaspal hotmix terlebih dahulu agar nyaman dilalui, dan nantinya dapat dibeton kembali jika memungkinkan.

Kepala Desa Gadon, Akub, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Arief Rohman yang telah cepat melobi pihak terkait sehingga longsor di desanya dapat segera diperbaiki. (Her/red)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama