Adv

 

Foto : Emak Emak desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah latihan membuat obat Herbal dari tanaman berkhasiat dari Pertamina EP aset 4 Field Cepu

BLORA, PORTALBLORA.COM - Inilah wujud nyata kepedulian terhadap masyarakat di lingkup kerja Pertamina EP Aset 4 Field Cepu, di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Salah satunya adalah memberikan pembelajaran tentang pemanfaatan tanaman yang berkhasiat obat, serta cara pengolahan dan penyajiannya.

Masyarakat diberi pelatihan dan pendampingan bagaimana memanfaatkan tanaman tersebut menjadi sebuah produk herbal yang bermanfaat bagi dirinya, keluarganya dan lingkungannya dan orang lain. 

Bahkan bisa membantu perekonomiannya dengan menjual produk herbal hasil pelatihan pengolahan tanaman yang memiliki kasiat obat tersebut.

Erlan Rasdian Carios selaku pendamping dan pembina mengatakan awalnya hanya satu desa saja yakni desa Bajo, kecamatan Kedungtuban ditahun 2018 dengan jumlah anggota 14 orang. 

Namun di 2022 ini berkembang menjadi 5 desa, yakni desa Bajo, Ngraho, Tanjung, Sogo dan Sidorejo, dengan jumlah anggota total 98 orang. 

"Kita ajarkan berbagai metode pembelajaran, mulai pelatihan herbal, pengenalan tanaman berkhasiat obat langsung dilapangan, Pengolahan/penyajian bahan jamu herbal dan praktek," jelas Erlan, Kamis (3/11/2022). Untuk kegiatan herbal ini, kata Erlan, di tiga desa yaitu Desa Bajo, Ngraho dan Tanjung, sementara dibagi menjadi 2 kelompok herbal yaitu Herbal Bajo Berseri dan Herbal Ngraho Lestari.

"Yang dua desa yakni Desa Sogo dan Sidorejo karena baru gabung di 2022, dan belum terbentuk kepengurusannya, jadi belum ada nama kelompoknya," ujarnya.

Ditambahkan Erlan aplikasi setelah mengikuti kegiatan Herbal/ Toga ini, anggota Herbal banyak yang sudah menanam dan mengetahui jenis tanaman yang berkhasiat obat. 

Anggota herbal sudah mulai melakukan pengobatan herbal, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.

Anggota herbal membuat berbagai jenis ramuan dan minuman herbal secara mandiri.

Anggota herbal mendapatkan dukungan dari pemerintah berupa dorongan untuk pembuatan PIRT produk herbalnya. 

"Dan promosi, dengan mengikuti kegiatan pameran-pameran dan pemasaran lokal dan luar daerah, " katanya. 

Pertamina EP Aset 4 Field Cepu berharap dengan kegiatan Herbal ini masyarakat mampu mengobati sakitnya sendiri dan juga orang lain, tidak ada ketergantungan terhadap penggunaan obat kimia.

Mempunyai penghasilan ketika hasil produk herbalnya di jual dan mampu menolong orang lain yang sakit dengan memberikan ramuan herbal. (HP/red) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama