Adv




BLORA, PORTALBLORA.COM - Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong dinobatkan sebagai desa wisata terbaik se Kabupaten Blora. Penobatan itu dilakukan dalam ajang Festival Desa Wisata Blora 2022.

Tidak hanya bisa berbicara di tingkat lokal saja, namun ternyata desa tersebut juga masuk ke dalam 10 besar desa wisata terbaik se Jawa Tengah.

Tentu saja hal itu disambut baik oleh kalangan DPRD Blora. Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Blora, Ahmad Labib Hilmy mengungkapkan desa wisata bisa memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat setempat.

"Bisa berdampak sampai peningkatan taraf prekonomian masyarakat, selamat untuk Desa Sambongrejo yang sudah dinobatkan sebagai desa wisata terbaik se Kabupaten Blora," ujar Gus Labib - sapaan akrabnya, Selasa (22/11/2022).

Menurut Gus Labib, Kabupaten Blora memiliki potensi pariwisata yang bisa diperhitungkan. Khususnya potensi desa wisata. Hal yang kemudian dilakukan, lanjutnya, yakni melakukan promosi untuk potensi-potensi wisata tersebut.

Tidak hanya promosi ditingkat lokal Blora, namun juga bisa merambah ke wilayah lain. Sehingga, gaung dari potensi wisata di desa itu bisa terdengar sampai ke semua penjuru wilayah Indonesia.

"Sekarang untuk promosi dipermudah dengan kemajuan teknologi, baik itu melalui website maupun media sosial," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Blora, Arief Rohman. Dikatakan Arief, pihaknya mendukung untuk pengembangan dan promosi Desa Wisata Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

“Pemkab siap mendorong dan mendukung pengembangan Desa Wisata Sambongrejo. Alhamulillah bisa masuk 10 besar Jawa Tengah. Semoga bisa menginspirasi desa-desa lainnya di Blora yang sebenarnya juga punya banyak potensi. Dengan adanya desa wisata seperti ini, selain merawat kearifan lokal juga mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat. Top Desa Wisata Sambongrejo,” ungkap Arief.

Dia mengaku, setiap ada tamu dari Pusat maupun kunjungan dari luar daerah. Selalu diajak mampir menikmati khazanah budaya dan kuliner di Kampung Samin Sambongrejo ini. Berikut desa-desa lainnya yang unik.

Sementara itu, Kepala Dinas Porabudpar Blora, Kunto Aji, menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada 18 Desa Wisata di Kabupaten Blora. Namun belum semuanya bisa tampil maksimal, sehingga butuh terus bimbingan agar bisa berkembang bersama seperti Desa Wisata Sambongrejo.***


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama