Toko Mebel Terbesar di Rembang Kota Terbakar, Damkar Semen Gresik ikut Memadamkan

Mobil damkar PT Semen Gresik   ikut memadamkan kebakaran yang melanda Toko Tunggal Jaya, Rembang

REMBANG, 5/8 (PORTALBLORA) - Dua unit toko mebel terbesar di Rembang kota terbakar Rabu (5/8) siang. Damkar PT semen Gresik bergerak cepat ikut memadamkan api yang berkobar.

Satu armada truk damkar dan satu truk tangki penyuplai air PT Semen Gresik mempercepat proses pemadaman kebakaran di kawasan perkotaan Rembang ini.

Pantauan Beritajateng.net di lapangan menyebutkan, kebakaran itu terjadi pukul 11.45 WIB. Dalam waktu cepat, api langsung membakar tiga unit toko mebel dan peralatan plastik Toko Tunggal Jaya.

Sejumlah armada damkar milik Pemkab Rembang maupun instansi lainnya berjibaku membantu proses pemadaman.

Termasuk armada damkar berkapasitas 5000 liter milik PT Semen Gresik. Perusahaan persemenan terkemuka ini juga mengoperasikan truk tangki berkapasitas 12.000 liter untuk supplai air.

Manajer Safety, Health and Enviroment (SHE) PT Semen Gresik Imron mengatakan saat mengetahui peristiwa kebakaran Toko Tunggal Jaya, pihaknya langsung menerjunkan dua armada beserta sejumlah personel untuk ikut membantu proses pemadaman.

Truk tangki berkapasitas 12.000 liter tak hanya untuk mensuplai air mobil damkar PT Semen Gresik saja, namun juga bisa dimaksimalkan oleh truk milik instansi lainnya yang kehabisan air.

"Semen Gresik selalu siap terjun dalam berbagai upaya pemadaman kebakaran. Tak hanya toko atau rumah, kita juga beberapa kali ikut memadamkan kawasan hutan baik wilayah Rembang maupun Blora yang terbakar," kata Imron, Rabu (5/8/2020).

Menurut Imron, mobil damkar multifungsi. Tak hanya digunakan untuk membantu pemadaman kebakaran saja, namun juga dimaksimalkan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan ke berbagai jalan protokol di Kabupaten Rembang.

Penyemprotan disinfektan kerjasama dengan jajaran Polres maupun Pemkab Rembang ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Semen Gresik tak hanya membantu proses pemadaman kebakaran. Namun juga membantu korban kebakaran. Bantuan ini seperti yang diberikan kepada Ngusman (55), warga RT 01 RW II Desa Candimulyo Kecamatan Sedan Rembang yang rumahnya terbakar akhir Juli lalu. Semen Gresik membantu 100 sak semen untuk membantu pembangunan rumah tersebut," ujar Imron.

Kepala Satpol PP Kabupaten Rembang Waluyo mengapresiasi berbagai pihak yang ikut membantu proses pemadaman kebakaran Toko Tunggal Jaya.

Bantuan dari berbagai instansi termasuk armada damkar Semen Gresik sangat diperlukan seiring terbatasnya stok air saat proses pemadaman.

 "Kita kerahkan semua. Baik PDAM, Semen Gresik dan instansi lainnya. Kapasitas armada damkar Semen Gresik paling besar jadi sangat membantu upaya pemadaman," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar