Bawaslu Gelar Sosialisi Pengawasan Melalui Seni Barong

Warga antusias menyaksikan pagelaran seni barong yang di gelar Bawaslu Blora

Blora, Tahapan Pilkada 2020 sudah di mulai ,Bawaslu Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengawali di mulainya tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Blora dengan menggelar sosialisasi pengawasan berbasis budaya, Sabtu (23/11).

Seni barong yang merupakan icon kota Blora ini, di gunakanya sebagai sarana sosialisasi pengawasan berbasis budaya oleh Bawaslu dihalaman sekretariat Bawaslu Jl. RA Kartini No. 12 Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora.

Hal ini terbukti warga tampak antusias memenuhi halaman sekretariat Bawaslu, mereka berbondong bondong menyaksikan seni barong, sebuah kesenian rakyat asli Blora yang sangat di sukai seluruh lapisan masyarakat.

Bawaslu sengaja memilih seni barong atau lebih dikenal dengan barongan, karena Bawaslu juga ingin memasyarakat, ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pengawasan terhadap jalanya Pilkada 2020 di Kabupaten Blora nanti, merupakan tugas bersama seluruh warga Blora, untuk ikut berperan aktif mengawasi jalanya Pilkada.

"Tahapan pilkada 2020 di Kabupaten sudah di mulai, Ini  sebagai tanda di mulainya tahapan tersebut, istilah lain gong pilkada sudah dipukul sejak hari ini", tegas Lulus Maryonan ketua Bawaslu Kabupaten Blora.(Sabtu, 23/11/2019)

Ia menjelaskan dengan dimulainya tahapan pilkada ini, dimulai juga tugas pengawasan dari Bawaslu terhadap tahapan demi tahapan Pilkada 2020 dibkabupaten Blora.

Melalui sosialisasi ini ia ingin masyarakat tau dan mempersiapkan diri sebagai pemilih yang cerdas.Bagi warga yang sudah mempunyai hak pilih jangan mudah percaya dengan isu yang bisa menyesatkan, isu hoaks terlebih isu sara. Agar masyarakat bisa memilih pemimpin yang benar benar berkualitas.

"Di sini saya ingin mengajak masyarakat di Kabupaten Blora bisa menjadi pengawas pastisipatif, segera melaporkan jika ada kecurangan di dalam Pilkada nanti, terutama netralitas baik itu penyelenggara maupun PNS yang diatur sesuai regulasi yang ada",tegasnya.

Disisi lain salah satu warga bernama Winarti (43) yang menyaksikan pagelaran budaya seni barong dalam rangka sosialisasi pengawas partisipatif merasa senang, ia mengaku pas atau setuju sekali apa yang di sampaikan oleh Bawaslu melalui kesinian rakyat ini.

"Senang, dan pas sekali, Bawaslu dalam mensoaialisasi kan pengawas partispatif berbasis budaya ini, bisa menarik perhatian masyarakat dengan menggadeng kesenian rakyat barongan",kata Winarni. (HR)



0 komentar:

Posting Komentar