Adv

Sejumlah wartawan sedang mengikuti UKW

Semarang, Sejumlah wartawan dari berbagai media memgikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PT Semen Gresik di ruang Gladiol Star Hotel Semarang.

UKW tersebut dilaksanakan selama tiga hari yaitu Rabu (24/7) hingga Jumat (26/7) . Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalitas wartawan.

Sebanyak 30 wartawan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah ini, dan berbagai media sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Acara tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Gubernur, Taj Yasin Maimoen. Ia mengatakan, UKW ini penting untuk memerangi hoaks yang kerap memicu persoalan dalam berbagai aspek kehidupan.

"Pemprov mengapresiasi Semen Gresik yang memprakarsai uji kompetensi ini, sehingga wartawan lebih memahami kode etik agar dapat meredam hoaks,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, banyak hoaks yang disebarkan sehingga meresahkan masyarakat.

”Berkat UKW ini, kami juga bisa menyaring pihak-pihak tertentu yang kerap mengatasnamakan media namun untuk kepentingan yang tidak berkaitan dengan publik. Semoga Pemprov Jateng juga bisa dikirimi daftar pemegang kartu tanda lulus UKW. Jadi kami juga bisa membedakan mana wartawan yang abal-abal dan yang telah tersertifikasi," harap Taj Yasin.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam peningkatan kompetensi wartawan.

“Peran media sangat penting dalam menyajikan fakta, terlebih dalam era digital dan media sosial seperti sekarang ini. Penguatan peran media yang dibarengi peningkatan kompetensi dan profesionalitas akan meningkatkan kualitas informasi yang disajikan,” ungkap Gatot Mardiana.

”Selain itu, media memiliki fungsi edukasi dan kontrol sosial dengan informasi yang akurat dan terverifikasi. Semen Gresik menghargai kebebasan pers dan siap bermitra dengan media,” pungkasnya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan, sejak 2015 lembaga yang dipimpinnya sudah menggelar UKW sebanyak 15 kali hasil kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, perguruan tinggi maupun instansi swasta. Meski begitu, Amir Machmud menegaskan kerjasama itu tak akan mempengaruhi netralitas serta independensi media dan wartawan.

"Anggota PWI akan tetap bekerja secara profesional dan independen," tandasnya.

Tahun ini adalah kali kedua Semen Gresik mendukung pelaksanaan UKW. Tahun lalu, kegiatan serupa juga diadakan dengan peserta wartawan di wilayah Kabupaten Rembang. Para peserta baik level muda, madya dan Utama (HR) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama