Adv

               

Peserta carnival berlenggak lenggok memamerkan pakaian dari daur ulang sampah palstik

REMBANG,PT Semen Gresik mengkampanyekan gerakan daur ulang sampah plastik  dalam peringatan Hari Bumi Sedunia yang diperingati tiap 22 April dikawasan Pantai Nyamplung Indah Desa Tritunggal, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.(Senin 22/4/2019).

Kampanye ini disuarakan lewat kegiatan "Festival Jaga Bumi" yang diikuti Ratusan pelajar mulai dari anak TK hingga mahasiswa, kalangan anak muda IMMR serta berbagai elemen lain pada Senin siang tadi.

Selain memacu kreativitas, upaya ini diharapkan berimbas positif mengurangi sampah plastik yang menjadi ancaman serius bagi bumi, terlebih beragam biota yang hidup di laut.

Ada empat kegiatan sekaligus yang dilaksanakan di kawasan wisata di Kota Garam ini. Mulai dari Bersih-bersih Pantai Nyamplung, Aksi Tanam Ribuan Pohon, Lomba Mewarnai “Satu Anak Satu Pohon”, dan Semen Gresik Recycle Fashion Carnival.

Para peserta tampak antusias ikut meramaikan aksi peduli lingkungan yang digelar perusahaan persemenan terkemuka ini. Festival Jaga Bumi yang dipusatkan di Pantai Nyamplung Indah ini diharapkan juga mampu mengangkat potensi wisata bahari di Kota Garam.

Gerakan tanam pohon bersama berbagai jenis tanaman 

Direktur Operasional PT Semen Gresik Joko Sulistyanto mengatakan pihaknya berkomitmen menjaga kelestarian bumi  sesuai aturan yang berlaku. Terkait hal itu, pihaknya juga selalu membuka pintu dialog dan komunikasi dengan berbagai elemen.

"Kegiatan Festival Jaga Bumi ini merupakan salah satu upaya kita untuk menumbuhkan kesadaran dan sekaligus berkontribusi nyata dalam gerakan peduli lingkungan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa kita ajak agar mereka juga lebih mencintai bumi ini," kata Joko Sulistyanto,

Kegiatan Semen Gresik Recycle Fashion Carnival termasuk salah satu yang menarik perhatian. Berbagai gaun unik dan menarik yang merupakan hasil kreativitas pelajar SMP dan SMA/Sederajat di Kabupaten Rembang ditampilkan dalam ajang itu.

Beragam busana itu dirangkai dari sampah plastik aneka jenis,dengan harapan usai acara ini mereka dapat memanfaatkan dan merubah sampah plastik mejadi barang yang mempunyai nilai ekonomis. Sebab sampah plastik menjadi persoalan serius di dunia, termasuk Indonesia.

Berdasar data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Kementrian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2018, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun.

Dari jumlah itu, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik itu masuk ke laut. Karena faktor ini pula, Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Sejumlah peristiwa kematian ikan paus yang di dalam perutnya ditemukan berton-ton sampah plastik dari beragam jenis cukup menjadi bukti betapa bahayanya sampah plastik.

"Butuh waktu lama untuk mengurai sampah plastik. Makanya kita dorong upaya daur ulang agar sampah tak menjadi masalah, namun bisa menjadi berkah," ujar Joko Sulistyanto.

Salah seorang peserta Semen Gresik Recycle Fashion Carnival, Fadhe Agnes Dwi Febianti, pelajar kelas VII SMPN 3 Lasem mengaku antusias mengikuti event ini.

Selama tiga hari, ia dan kawan-kawannya merangkai busana unik dari berbagai sampah plastik botol minuman kemasan, bungkus permen, sachet minuman instan dan lain sebagainya. Jika ditotal lebih dari 10 kilogram bahan dari sampah plastik yang digunakan untuk membuat busana bertema "Kapal Nyamplung" tersebut.

"Saya baru pertama kali membuat dan mengikuti ini. Wawasan saya juga lebih terbuka. Tambah bahagia karena SMP 3 Lasem dinobatkan jadi juara 1 event ini," jelas Agnes.

Asisten III Sekda Rembang Noor Effendi mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan Semen Gresik. Upaya ini diharapkan tak hanya mampu menumbuhkan rasa peduli dan cinta lingkungan saja namun juga dapat meningkatkan peran sebagai kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati.

Ribuan pohon yang ditanam Semen Gresik di berbagai lokasi diproyeksikan tak hanya bisa menghasilkan oksigen namun juga penjaga ketersediaan air.

"Semoga manfaat Festival Jaga Bumi positif dan bisa meluas ke berbagai kawasan lainnya," tandas Noor Effendi yang mewakili Bupati Rembang H Abdul Hafidz.(red)





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama