Regional Indonesia Timur Subholding Upstream, Gelar Doa Bersama Sebelum Tajak Sumur KSE – 001

 




LAMONGAN 1/10 (PORTALBLIRA.com) - Zona 11 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina melakukan Tajak Sumur Eksplorasi Kasuari Emas (KSE-001), Jumat (1/10).

Eksplorasi ini diperkirakan akan berlangsung selama 46 hari, dengan target kedalaman yang direncanakan 1270 meter, dan terbagi menjadi dua target reservoir yaitu formasi ngrayong dan formasi tuban.

Dalam kegiatan do'a bersama dan tajak pengeboran yang dilaksanakan pada Jumat (1/10), Direktur Utama Regional 4, Awang Lazuardi mengatakan di tahun 2021 ini, Regional Indonesia Timur banyak melakukan aktivitas pengeboran dan eksplorasi. 

“Banyak kegiatan pengeboran yang kami lakukan di tahun 2021, hal tersebut merupakan komitmen dari kami untuk mendukung target produksi nasional 1 juta BOPD pada tahun 2030,” ujar Awang. 

Awang juga menekankan walaupun kegiatan berfokus terhadap target capaian produksi, namun aspek HSSE dan Protokol Kesehatan harus menjadi kunci yang utama. 

“Aspek HSSE harus diutamakan, dengan doa dan usaha yang maksimal dari kita semua, semoga pengeboran Kasuari Emas ini dapat diselesaikan dengan aman dan lancar,” kata Awang. 

Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Nurwahidi yang juga turut hadir secara online, menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pencapaian target nasional, maka harus dilakukannya pengeboran secara massif. 

“SKK Migas berkomitmen untuk melakukan inovasi dan terobosan untuk mempercepat proses dari KKKS termasuk Pertamina supaya proses berjalan lancar,” ujar Nurwahidi. 

Nurwahidi juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan Protokol Kesehatan. 

“STMJ harus selalu dikedepankan, STMJ yaitu Stamina harus selalu dijaga, Tangan harus selalu bersih, Masker harus selalu digunakan, dan Jarak harus tetap dijaga,” tambah Nurwahidi. 

Lokasi pengeboran KSE-001 ini terletak di Desa Beru, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. 

Dalam menjalankan kegiatan operasi di lokasi KSE- 001 ini, Zona 11 sudah melakukan persiapan secara matang, baik secara operasional maupun sosial. Protokol Kesehatan juga dilaksanakan secara ketat agar kegiatan berjalan aman. (Her/admin)

Isi Pertamax, Sejumlah Veteran Dapat dari Pertamina di Hari Kesaktian Pancasila

Dandim 0721/Blora Letkol Andy Soelistyo Kurniawan memberikan Vocher secara simbolis kepada veteran 

BLORA, 1/10 (PortalBlora.com) - Dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila sejumlah veteran di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mendapatkan kejutan dari Pertamina  Region Jawa Bagian Tengah (RJBT) berupa voucher senilai satu juta rupiah, Jumat (1/10).

Apresiasi diberikan oleh SBM Sales Brand Manager Abisatya, di SPBU Mlangsen, Kecamatan/Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sebanyak lima Veteran dari pajuan Dwi Kora, Seroja dan lainya, masing masing mendapat Vocher satu juta rupiah karen telah berlangganan Pertamax sejak adanya Pertamax di SPBU.

"Untuk pelayanan di SPBU Pertamina sangat bagus ya, dan untuk Pertamax ini kwalitasnya sangat bagus, irit, ramah lingkungan, perawatan mesin juga bagus. Saya itu berlangganan Pertamax sudah sejak ada Pertamax," kata Mukiman pejuang veteran Seroja.

Selain sebagai pelanggan Pertamax, di hari Kesaktian Pancasila ini Pertamina juga memberi penghargaan atas jasa jasa besar para pejuang Veteran, yang rela berkorban jiwa raga membela tanah air.

"Karena bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, bayak sekali veteran yang gugur pada saat itu. Jadi kami memilih veteran untuk kami apresiasi, karena jasa besar beliau sehingga kita sekarang bisa menikmati kondisi saat ini," ungkap Abisatya 

Pertamina, lanjut Abisatya, memilik program langit biru, yaitu pembelian produk yang ramah lingkungan dan Berkualitas.

"Pertamax ini bisa, memberi solusi bagi masyarakat untuk membeli BBM yang ramah lingkungan dan berkualitas," jelasnya.

Hadir dalam giat itu, Ketua Hiswana Migas Cabang Pati Suma Novendi, Dandim 0721/Blora Letkol Andy Soelistyo Kurniawan, Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama dan Danyonnif 410/Alugoro Blora Letkol Inf. Prayogo. (Pur/red)

Sambut HUT RI ke 76, Warga Perumda Hiasi Berbagai Pernak Pernik

 



BLORA, 1/8/2021 (PORTALBLORA.com) - Meski di tegah PPKM darurat level 3, tak menyurutkan semangat warga Perumda, RW IV Kelurahan Kunden, Kecamatan/ Kabupaten Blora untuk menyambut Agustusan  bulan penuh sejarah ini.

Ya, dimulai hari ini 1 Agustus 2021, seluruh  warga negara Indonesia wajib mengibarkan bendera merah putih untuk memperingati HUT RI ke 76. 

Termasuk warga Perumda Blora. Warga tampak semangat. Bukan hanya bendera,  mereka juga memasang umbul umbul disetiap lorong dan pintu masuk.

Mereka juga memasang berbagai pernak pernik lampu hias, sehingga malam hari tampak kerlap kerlip lampu berwarna warni.



Ketua Panitia peringatan HUT RI ke 76 Perumda, Suyatno, mengatakan meski berbeda dengan tahun sebelumnya, ia dan warga tetap semangat menghias kampung, karena ini hari bersejarah.

"Ini momen tahunan dan bersejarah bagi bangsa Indonesia, kita sebagai warga negara wajib memperingati. Meskipun di tengah PPKM darurat," ucapnya.

Untuk biaya mereka iuran swadaya sendiri, dengan gotong royong bersama. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau dulu para pahlawan berjuang melawan musuh atau penjajah, sekarang ini kita, Indonesia berjuang melawan Covid 19," imbuhnya.

Ia berpesan agar warga Perumda khususnya dan Blora umumnya, selalu patuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, untuk bersama sama melawan Covid 19. (HR)

Kejari Blora Sita Uang Kas Daerah, Ratusan Juta Rupiah

 



BLORA, PORTALBLORA.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Blora Rabu (28/4) sore, sita uang sebesar Rp. 865.000.000 dari kas daerah Kabupaten Blora,  Jawa Tengah. 

"Ya, tadi sore sekitar pukul 15.00 WIB. tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kemari Blora, dipimpin Kasi Pidsus Rendy, S.H. MH, melakukan penyitaan untuk kepentingan penyidikan," ungkap Muhammad Adung kepada media (Rabu, 28/4).

Dijelaskan Adung, uang sebesar ratusan juta itu diduga berkaitan dengan kasus pungutan liar pada penempatan kios pasar cepu, yang telah lama ditangani Kejari Blora. 

"Posisi uang tersebut telah disetor titipkan. Sekarang berada di rekening titipan Kejari Blora di BRI Cabang Blora," jelasnya. 

Penyitaan uang sebesar Rp. 865.000.000 ini, disaksikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora Slamet Pamuji.

Dihubungi terpisah Selamet Pamuji selaku Plt. Kepala BPPKAD Kabupaten Blora membenarkan adanya penyitaan uang ratusan juta tersebut. 

"Ya mas, tadi sekitar pukul 15.00 WIB sesuai diberita acara kami menyerahkan uang sebesar Rp. 865.000.000. Itu kita transfer ke rekening Kejari Blora. Uang itu untuk bukti penyidikan dugaan pungli kios pasar Cepu," katanya. (Her)

Keterangan Foto ilustrasi Pungli

Tiga Pilar Kelurahan Bangkle Tinjau Langsung Pelaksanaan Cash For Work



BLORA, PORTALBLORA.com  – Tiga pilar Kelurahan Bangkle yakni Babinsa Koramil 01/Blora Serma Riswanto, Bhabinkamtibmas Polsek Blora Aiptu Jony priyo purnomo, S.H., Ketua LKMK  Totok S.Pd serta kepala Kelurahan (Kalur) Andi Nurrohman, S.I.P, M.M meninjau langsung pelaksanaan bantuan pemerintah untuk masyarakat melalui Cash For Work (CFW) tentang kegiatan pemberian fasilitas dan mendorong pendanaan perawatan dan pemeliharaan padat karya (infrastruktur) di lingkungan Rt 03 dan 04 / Rw 01 kelurahan Bangkle, kecamatan Blora, kabupaten Blora. Selasa (20/04/2021) kemarin.

Program padat karya perawatan dan pemeliharaan Infrastruktur dengan program Kotaku dari Dinrumkimhub kabupaten Blora yang di salurkan melalui BKM Bina Warga kelurahan Bangkle kali ini sudah masuk tahapan pelaksanaan.

Adapun tujuan padat karya ini yakni merawat dan memelihara infrastruktur juga menggeliatkan ekonomi masyarakat dengan melibatkan masyarakat setempat akibat dampak pandemi covid – 19.

"Kami sangat menyambut baik bantuan pemerintah melalui Dinrumkimhub berupa padat karya, semoga dengan padat karya ini infrastruktur dan ekonomi semakin baik, sehingga berimplikasi pada situasi keamanan dan ketertiban di wilayah kelurahan Bangkle khususnya dan kabupaten Blora pada umumnya," ungkap Andi Nurrohman, S.I.P, M.M.

Di sela – sela kegiatan, Babinsa Serma Riswanto memaparkan, apapun bentuk kegiatan di Kelurahan binaan, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas wajib hadir dan mengetahui serta memonitor kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat.

"Di samping itu, kami selalu untuk mempertebal rasa kemitraan, sehingga tercipta Sinergitas Tiga Pilar serta keamanan dan kenyamanan di wilayah kelurahan Bangkle,"paparnya.

Sementara Bhabinkamtibmas juga menyampaikan,ti ga pilar kelurahan Bangkle selalu bersinergi baik dalam kegiatan Pemerintahan maupun kemasyarakatan, sehingga apabila ada permasalahan dan kendala yang timbul bisa di selesaikan dengan cara musyawarah. (Pur) 

Kompak, Tiga Pilar Kelurahan Kedungjenar, Blora, Cek Penerapan Prokes PTM di SDN Kedungjenar

 


BLORA, PORTALBLORA.com  - Tiga pilar Kelurahan Kedungjenar yang terdiri dari Babinsa Serka Srinadi, Bhabinkamtibmas Bripka Ragil dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kelurahan (Kalur) setempat, kompak cek penerapan Protokol kesehatan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di SD Negeri Kedungjenar yang beralamat di jalan Gunandar no. 9 B kelurahan Kedungjenar, kecamatan Blora, Blora, Jawa Tengah Selasa (21/04/2021)

Kepala SDN Kedungjenar Maskaryana, S.Pd, M.A.P  mengatakan pembelajaran tatap muka pada semester genap. Dan kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan sejak covid 19.

"Senin (19/4/2021) kemarin kita mulai PTM, ini pertama kali setelah sempat libur sejak adanya covid 19 satu tahun lalu. PTM kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena kita harus mematuhi protokol kesehatan," ucap Maskaryana 

Sedangkan teknisnya, lanjut Maskaryana, tiap kelas hanya diisi sebanyak 50 persen dari total siswa yang masuk. hari berikutnya separonya lagi. Sedangkan jam pelajaranya juga kita batasi, untuk kelas I s/d kelas III mulai masuk sekolah pada pkl 07.00 wib - pkl 09.30 wib, sedang kelas IV s/d kelas VI mulai masuk pada pkl 07.00 - pkl 09.45 wib.

"Jadi mulai hari Senin kelas I s/d VI mulai masuk, demikian bergantian secara terus menerus dalam satu minggu," terangnya.

Sementara Plt Kalur Dra. Sri Budi Lestari, kedatanganya ke SDN Kedungjenar bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini dalam rangka cek kelengkapan penerapan prokes sebagai syarat PTM. 

"Kami bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas ingin memastikan kesiapan sekolah, termasuk penerapan Prokes, sudah memenuhi persyaratan PTM apa belum, dan ternyata kelengkapanya sudah sesuai," tuturnya.

Ditambahkan  Babinsa Serka Srinardi, pihaknya mengapresiasi kepada Kepala SDN Kedungjenar berserta guru yang telah mentaati program dari pemerintah sesuai SOP dalam menyelenggarakan belajar tatap muka di sekolah.

Sedangkan Bhabinkamtibmas Bripka Ragil mengatakan, Forkompimlur siap mendampingi dan mengawal program PTM di sekolah, sesuai dengan aturan yang sudah di tentukan oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan.

"Kami berharap kepada kepala Dinas Kesehatan, agar para guru yang mengajar di sekolah, bisa segera mendapatkan vaksin," tutur Bripka Ragil. (Pur)

Respon Positif, Upaya Penanganan Pertamina EP Terhadap Lahan Tercemar di Sambong

 



BLORA, PORTALBLORA.com - Upaya Pertamina EP Cepu Field dalam penanganan dampak kebocoran pipa wilayah Desa Sambong, Kecmatan Sambong, Kab. Blora direspons positif. 

Hal tersebut diketahui saat diadakan pertemuan perwakilan Cepu Field dengan warga terdampak, Dinas Lingkungan Hidup Blora, Dinas Pertanian Blora, Dinas Pelaksana BPBD Blora, Camat Sambong, Kepala Desa Sambong, Danramil dan Kapolsek di Balai Desa Sambong, Jumat (16/4). 

"Terima kasih atas upaya Pertamina langsung tanggap dalam menangani kebocoran pipa sejak dari insiden terjadi hingga saat ini," ucap Nunik Sulistiyo Herniyati, Camat Sambong. 

Yang terpenting, lanjutnya, Pertamina sudah menyampaikan dalam pertemuan bahwa siap bertanggungjawab atas kejadian ini.

" Saya juga sudah menugaskan perangkat untuk membantu penghitungan lahan terdampak," imbuhnya. 


Nunik berharap proses penggantian pipa segera dilakukan dan tidak terulang kejadian serupa. 

Perwakilan dari Cepu Field, Ardhian Prasetyo menyampaikan bahwa pehitungan lahan terdampak tengah dilaksanakan bersama Dinas Pertanian. 

Hasil perhitungan tersebut akan dijadikan dasar kompensasi warga pemilik lahan terdampak. 

"Tim terus berupaya memulihkan lahan. Alhamdulillah upaya kami direspons baik oleh warga dan pihak terkait. Terima kasih untuk warga dan seluruh pihak yang membantu dan mendukung upaya kami," kata Ardhian. 

Pertamina EP Cepu Field, merupakan salah satu lapangan yang dikelola oleh Pertamina Subholding Upstream Regional 4 Zona 11. (Pur/red)



Gempa Di Malang, Getaranya terasa di Blora

 



BLORA,  PORTALBLORA.com - Gempa berkekuatan 6.7  skala richter (SR) yang terjadi di Malang Jawa Timur Sabtu (10/4) siang tadi, sejumlah warga di Kabupaten Blora merasakan getaranya. 

"Tadi saya terasa getaran hanya sebentar, kata orang tua dulu ada lindu lewat," ungkap Yudi salah satu warga Keluran Kunden, Kecamatan Blora (Sabtu, 10/4).

Tak hanya di Kelurahan Kunden di desa Kamolan pun merasakan hal yang sama. Warga bernama Ramananda mengatakan dirinya juga bergoyang.

"Terasa agak gleyor (bergoyang-red), kaya orang mabuk sempoyongan, tapi sebentar tok, " katanya. 

Kepala Pelaksana harian (Kalakhar) Bdan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora melalui tim reaksi cepat (TRC) Agungtri membenarkan hal tersebut. 

"Benar, data dari BMKG, ada gempa berskala 6.7 SR, sekitar pukul 14:00:15 WIB, berada di Lintang 8.95 LS, Bujur 112.48 BT, Kedalaman 25 Km berada di Malang, Jawa Timur tidak berpotensi Tsunami," jelasnya. 

Menurutnya dari pantauan BMKG dijelaskan, gempa tersebut berlokasi di 90 km BaratDaya Kabupaten Malang - Jawa Timur, 95 km Tenggara Kabupaten Blitar-Jawa Timur, 100 km Tenggara Kota Blitar- Jawa Timur, 190 km BaratDaya Surabaya-Jawa Timur, dan 700 km Tenggara Jakata - Indonesia. (Pur)